Takut Kolesterol, Turunkan Dengan Berbagai Jenis Makanan Ini!





Kolesterol adalah senyawa kompleks yang dihasilkan tubuh dalam hati, dan sisanya dari luar tubuh seperti dalam zat makanan yang berguna bagi tubuh. Penyebab timbulnya kolesterol tinggi adalah asupan makanan yang banyak mengandung lemak jenuh, pola hidup tidak sehat dan seimbang, gaya hidup yang salah dan kebiasaan buruk sehari-hari. Mengatur pola makan berperan sangat penting dalam menurunkan kolesterol yang tinggi.

Kolesterol diperlukan manusia untuk membangun dinding sel dan membuat hormon. Kolesterol juga merupakan satu komponen penting untuk membuat asam empedu, hormon steroid dan vitamin D. Ada dua jenis kolesterol, yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Kolesterol baik (HDL, High Density Lipoprotein) berfungsi untuk mencegah terjadinya Ateroma atau penyempitan pembuluh darah akibat lemak. Sedangkan kolesterol jahat (LDL, Low Density Lipoprotein) merupakan salah satu penyebab utama pembentukan Ateroma. Selain kolesterol baik dan jahat, ada lemak dalam bentuk lain dalam darah yang disebut Trigliserida. Setelah berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun, plak tersebut menebal dan meluas. Pada saat itulah, pembuluh darah tersumbat dan membuat aliran darah tidak lancar. Kondisi ini dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, atau masalah serius lainnya.

Tingkat kolesterol setiap orang berbeda-beda, tergantung pada apa yang dikonsumsinya. Selain itu, setiap orang dapat memiliki tingkat kolesterol yang berbeda pula meski mengosumsi makanan yang sama. Pada beberapa orang, kolesterol tinggi bisa hanya disebabkan oleh faktor keturunan.

Untuk menjaga kadar kolesterol normal, hindarilah makanan yang mengandung lemak trans. Lemak ini bisa kita temukan pada makanan yang digoreng, margarin dan makanan ringan seperti biskuit. Berikut ini beberapa jenis makanan rangkuman wawasaputro.blogspot.com  yang dapat Anda konsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Beberapa Jenis makanan untuk menurunkan kolesterol

1. Oatmeal (Gandum)



Makanan ini tinggi serat larut yang mengurangi tingkat kolesterol jahat dalam tubuh. Serat ini akan mengurangi penyerapan kolesterol dalam aliran darah sehingga tidak terjadi penumpukan. Anda dapat bereksperimen sendiri untuk memasak semangkuk oatmeal dengan ditambahkan topping buah-buahan, sehingga meningkatkan kadar serat dan nilai kesehatan makanan.

2. Ikan



Jika Anda seorang pecinta ikan, ada kabar baik untuk Anda! Ikan seperti sarden, makarel, salmon, dan tuna kaya asam lemak Omega-3. Sekitar 2-3 porsi ikan per minggu dapat menurunkan kadar LDL dengan dua cara, yaitu sebagai pengganti daging dan sumber asam lemak Omega-3 sebagai penekan LDL.


3. Kacang-kacangan



Konsumsi jenis kacang-kacangan secara teratur akan menurunkan kadar kolestrol. Kacang-kacangan seperti kacang mente, almond, kenari, atau sayur (sayur kacang panjang misalnya) memiliki kandungan asam lemak tak jenuh ganda yang baik untuk pembuluh darah dan menurunkan kolesterol. Kacang panjang akan mengandung banyak serat yang memperlambat laju dan jumlah penyerapan kolesterol dalam makanan. Jenis kacang-kacangan (seperti kacang Mede, kacang Walnut, kacang Hazelnut) kaya Vitamin E, magnesium, dan phytochemical yang berguna untuk kesehatan jantung. Hati-hati jangan makan kacang-kacangan yang sudah diberi garam dan gula. Meskipun menurunkan kadar kolesterol Anda, tapi ‘sisi buruknya’ menambah berat badan Anda karena kacang-kacangan tinggi kalori. Jadi, konsumsi secara moderat saja.

4. Bluberi



Jenis buah-bahan yang masuk dalam kategori ‘berry’, mengandung pterostilbene yang memiliki fungsi antioksidan dalam tubuh, memainkan peran utama dalam menurunkan kadar LDL dalam tubuh. Selain itu, mereka juga mengandung senyawa antosianin yang dapat menangkis lemak jahat (LDL) dan mencegah oksidasi yang merugikan tubuh.


5. Minyak Zaitun (Olive oil)



Minyak Zaitun mengandung campuran antioksidan yang dapat menekan kolesterol jahat tanpa mengganggu kadar kolesterol baik (HDL). Minyak Zaitun mengandung low-density lipoprotein yang berguna untuk menurunkan kolesterol. Minyak Zaitun yang paling sempurna (asli) biasanya mengandung extra virgin yang tertera dalam kemasan botolnya. Disarankan untuk mengonsumsi 2 (dua) sendok minyak Zaitun, yang dapat dimakan langsung atau dikombinasikan dalam bentuk menu sajian makanan.


6. Goji berry




Goji berry menghasilkan produksi antioksidan, superoksida dismutase (SOD), yang mencegah oksidasi kolesterol, sehingga mencegah aterosklerosis. Bahkan, goji berry telah digunakan masyarakat Tiongkok kuno karena sifatnya yang sehat.


7. Kedelai



Kedelai dan olahan lainnya seperti tahu, tempe, tepung kedelai, dan susu kedelai merupakan makanan penurun kolesterol yang ampuh. Kedelai mengandung isoflavin yang berfungsi untuk menekan kolesterol jahat (LDL) agar tidak berkembang. Makanan berbahan kedelai sebaikn ya tidak dimasak dengan minyak biasa, ganti dengan minyak zaitun.

8. Apel




Apel memiliki zat beta-glucan yang berperanan dalam mengontrol produksi kolesterol. Buah lain yang memiliki fungsi sama yang bisa dimakan bersama kulitnya seperti apel dan pir. Sumber serat larut yang menurunkan kolesterol mencebgah arteri mengeras serta melindungi tubuh terhadap serangan jantung dan stroke. Apel bisa dibuat cuka apel. Cuka apel dapat meningkatkan sensitivitas insulin penderita diabetes tipe-2. Konsumsi cuka apel secara rutin akan menunjukan penurunan kolesterol jahat (LDL) dan peningkatan kolesterol baik (HDL).

Menjaga asupan makanan bergizi demi membatasi kadar kolesterol jahat memang bagus, tapi langkah untuk menjalani pola hidup sehat juga sama pentingnya. Mulailah hentikan kebiasaan-kebiasaan pola hidup tidak sehat, gaya hidup yang salah dan kebiasaan buruk. Sebaliknya, mulai biasakan diri untuk berolahraga secara rutin untuk menurunkan kolesterol secara alami. Salam Sehat.




Takut Kolesterol, Turunkan Dengan Berbagai Jenis Makanan Ini! Takut Kolesterol, Turunkan Dengan Berbagai Jenis Makanan Ini! Reviewed by wawawahyu on February 13, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.