Manfaat Luar Biasa Jahe Merah untuk Kesehatan




Jahe merah merupakan tanaman asli yang ditanam oleh petani Indonesia, dan juga sudah digunakan turun temurun untuk berbagai penyakit. Jahe merah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Rutin mengonsumsi jahe merah juga dapat meredakan nyeri dan meningkatkan kesehatan tubuh. Kandungan jahe merah ternyata dapat menguatkan sistem imun tubuh sehingga tidak mudah terinfeksi oleh bakteri dan atau virus.

Gingerol dan shogaol yang terkandung dalam jahe merah memiliki efek antioksidan bermanfaat melawan stres oksidasi. Zat tersebut diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan membunuh bakteri atau virus berbahaya dalam tubuh sehingga bantu menjaga daya tahan tubuh terhadap penyakit. Kandungan gingerol dalam jahe merah memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan, mulai dari sebagai antimual, antibakteri, dan antiinflamasi. Gingerol juga berkontribusi pada rasa pedas khas jahe yang sudah kita ketahui.


Kadar gingerol pada jahe merah lebih tinggi dibanding jahe gajah yang ternyata paling sering digunakan masyarakat saat ini. Kadar gingerol yang lebih tinggi, berat per rimpang yang lebih berat, dan kandungan minyak atsiri yang lebih banyak membuat jahe merah lebih efektif buat kesehatan masyarakat dibanding jahe gajah dan juga jahe emprit.





Jahe biasa dan jahe merah sudah dikenal ribuan tahu lalu sebagai rempah yang memiliki manfaat terutama untuk kesehatan tubuh. Tak hanya enak diolah menjadi jamu, rebusan air jahe juga bisa kamu nikmati.

Dirangkum wawasaputro.blogspot.com, berikut ini beberapa manfaat jahe merah untuk kesehatan:


Jahe Merah Dapat Merangsang Saraf Tubuh



Susunan saraf merupakan hal yang paling penting dalam tubuh kita. Jika ada salah satu saraf kita putus atau tidak berfungsi maka kita akan mengalami kelumpuhan pada bagian tubuh yang bersangkutan.

Mari kenali gejala umum yang timbul karena kerusakan saraf. Gerakan tidak normal, tidak dapat menelan atau berbicara, kejang-kejang, gangguan sesibilitas umum, sakit kepala, sering pusing, gangguan penglihatan, tidak sadarkan diri, dan halusinasi yang berlebihan.

Meredakan flu



Di saat ramuan jahe merah dapat menghangatkan tubuh, kandungan di dalamnya juga sekaligus bisa mengobati sakit kepala. Sebab jahe merah mengandung campuran kamfena, rasa pedas, dan efek hangat, sehingga ampuh sebagai penawar sakit kepala. Hangatnya jahe merah bisa juga sebagai penawar gejala flu ringan. Cukup dengan menyeduh jahe merah, tuangi madu secukupnya, minum dan rasakan efeknya.

Meredakan Mual



Jahe memiliki rasa yang sedikit pedas dengan wangi khas. Jahe merah dapat membantu meredakan mual. Minum air jahe juga bermanfaat untuk meredakan mual dan muntah. Jahe juga bisa mengurangi efek mual yang diakibatkan dari efek samping operasi, kemoterapi dan kehamilan (morning sickness).

Mengobati asam urat

Jahe memiliki khasiat tinggi dalam mengatasi beberapa jenis penyakit. Bahkan dipercaya sebagai salah satu obat alami yang mempu memberikan efek tenang. Bagi kamu yang menderita asam urat mengonsumsi jahe adalah pilihan yang tepat, dimana jahe mampu meringankan nyeri akibat penumpukan asam urat. Untuk mendapatkan hasilnya, olah jahe merah jadi jus, seperti buah-buahan lain dengan ditambahkan air matang. Konsumsi olahan jahe merah ini setiap pagi untuk mengobati asam urat. Peradangan di sendi dan tumpukan asam urat akan berangsur pulih dan normal kembali.

Meredakan Nyeri



Gingerol dan fenol merupakan senyawa kimia yang terkandung dalam jahe merah. Kandungan ini bersifat antinyeri yang bisa meredakan rasa sakit. Keduanya berkhasiat meredakan gejala iritasi lambung, meredakan kram perut karena menstruasi serta nyeri otot setelah berolahraga.


Mengurangi Peradangan

Manfaat jahe merah untuk diet juga bisa membantu mencegah dan mengurangi peradangan yang disebabkan oleh nyeri sendi osteoarthritis dan rematik.

Hal ini karena sejumlah komponen aktif dalam jahe merah seperti gingerol, gingedione dan zingeron bekerja menurunkan zat alami pemicu peradangan dalam tubuh. Selain itu, jahe juga mengandung oleoresin yang bekerja melawan peradangan.

Memprekuat Kekebalan Tubuh



Selain mencegah mual, manfaat jahe merah untuk ibu hamil juga dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh menjadi hal yang penting agar tubuh tetap fit. Ekstrak jahe merah yang diseduh dengan air hangat atau dicampur dengan teh dapat mencegah dan membunuh bakteri berbahaya dalam tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh akan meningkat.

Membantu mencegah kanker



Kanker adalah penyakit yang sangat serius yang ditandai dengan pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkontrol. Ekstrak jahe telah dianggap sebagai pengobatan alternatif untuk beberapa bentuk kanker, terutama kanker ovarium. Ini efektif dalam meniadakan sel kanker, yang lebih baik daripada obat kemoterapi. Sifat anti-kanker dikaitkan dengan 6-gingerol, suatu zat yang sebagian besar ditemukan dalam jumlah besar jahe mentah. Mengonsumsi jahe juga membantu mengurangi peradangan usus besar dan usus, sehingga menurunkan risiko kanker usus besar. Konsumsi jahe merah mentah langsung dengan cara potong jahe segar menjadi kecil dan taburkan garam di atasnya. Kunyah secara perlahan.


Anti Aging Alami

Sering terpapar oleh radikal bebas membuat kulit terlihat lebih kusam. Jahe merah mengandung antioksidan yang sangat baik sehingga dapat berperan menjadi anti aging alami. Kandungan antioksidannya dapat membantu menjaga kulit sehingga tampak lebih cantik dan sehat.

Mencegah Inflamasi Usus



Manfaat jahe merah untuk pria dan wanita ternyata sama-sama dapat mencegah inflamasi usus. Komponen aktif zingeron pada jahe merah yang dapat menghambat enzim yang memicu radang pencernaan.


Meningkatkan Kesuburan



Manfaat jahe merah untuk wanita berkaitan erat dengan reproduksi. Jahe merah mengandung L-arginine yang memiliki fungsi untuk melancarkan sirkulasi darah kita di dalam tubuh. Sehingga secara tidak langsung bisa membantu pasokan oksigen ke rahim dan ovarium sebagai tempat sel telur diproduksi. 


Jahe merah menjadi salah satu rekomendasi bahan herbal asli Indonesia yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuhmu. Salah satu cara membuat jahe merah lebih berkhasiat adalah dengan diminum dan dicampur dengan madu. Bila dikonsumsi dengan rutin, jahe merah bisa bantu mencegah berbagai penyakit masuk ke dalam tubuh. Itulah beberapa manfaat dari jahe merah untuk kesehatan. Tanaman rimpang satu ini manfaatnya memang segudang. Selamat mencoba, salam sehat.

Manfaat Luar Biasa Jahe Merah untuk Kesehatan Manfaat Luar Biasa Jahe Merah untuk Kesehatan Reviewed by wawawahyu on February 10, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.