Anda mungkin menghabiskan lebih banyak waktu dengan teman-teman kerja
dibanding keluarga di rumah setiap harinya. Dari pagi sampai menjelang malam,
mereka lah orang-orang yang selalu ada di sekitarmu. Sebagai makhluk sosial,
kita diciptakan berdampingan dengan makhluk lainnya, terutama sesama manusia
untuk dapat saling berkomunikasi, berinteraksi, saling membangun dan
bersinergi. Dalam lingkungan tempat kerja, kita juga perlu menjalin hubungan
yang baik dengan setiap orang, baik rekan kerja, atasan, dan juga bawahan
sekalipun. Bagi kalangan pekerja sudah menjadi hal biasa jika waktu dan
perhatian akan banyak tercurah pada pekerjaan. Menghabiskan waktu berjam-jam
dengan rekan kerja di kantor menjadi makanan sehari-hari.
Oleh karena itu, hubungan baik dengan rekan kerja menjadi hal
terpenting yang harus diperhatikan. Sebab, akan sangat menyedihkan jika kamu
menghabiskan waktu berjam-jam dengan orang yang tidak disukai. Tak hanya
membuat masing-maing merasa nyaman, hubungan yang baik juga akan membuat
lingkungan kerja menjadi lebih kondusif. Untuk itu, penting bagi kamu untuk
meningkatkan daya tarik agar rekan kerja menyukaimu dan hungan kalian berjalan
mulus.
BACA JUGA: Tips Menjalin Hubungan Baik Dengan Atasan Kerja, Karena Keluarga Kedua Itu Ada Di Tempat Kerja
Berikut beberapa poin penting rangkuman wawasaputro.blogspot.com dari berbagai sumber yang harus anda perhatikan untuk tetap menjaga hubungan baik dengan rekan
kerja:
Menghargai Rekan Kerja
Jika anda melihat seseorang
merasa tidak nyaman dengan dirinya sendiri, ada baiknya untuk membantu mereka
agar kembali mendapatkan kepercayaan dirinya. Jadilah orang yang menyenangkan
dengan bersikap sopan, agar orang lain pun merasa nyaman.
Mengingat Nama
Beberapa hal sederhana yang Anda
lakukan tentunya akan meninggalkan kesan yang baik. Membangun keakraban dengan
rekan kerja dapat dimulai dari mengingat nama dan menyebutnya saat kalian
mengobrol. Hal ini membuat lawan bicara anda merasa dihormati.
Jadilah Rekan Kerja yang Dapat Diandalkan
Hubungan yang baik dengan rekan
kerja akan membawa atmosfer kerja yang baik, mengingat setidaknya 40 jam
seminggu atau 8 jam sehari, Anda menghabiskan waktu Anda di kantor bersama
dengan rekan kerja.
Salah satu cara jitu untuk
menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja adalah dengan menjadi rekan
kerja yang dapat diandalkan, terutama saat dibutuhkan.
Jangan Pilih-pilih Teman
Pergaulan yang buruk merusak
kebiasaan yang baik. Saran dari pepatah di atas memang menharuskan kita untuk
tidak ikut-ikutan dalam sebuah pergaulan yang merusak, namun bukan berarti kita
menutup diri untuk tidak membuka pintu pertemanan dengan mereka yang Anda
anggap memiliki kebiasaan yang tidak baik.
Dalam posisi ini, tentu Anda
harus memiliki keteguhan hati untuk tidak terjerumus ke dalam pergaulan yang
buruk. Sebaliknya, Anda dapat membawa pengaruh positif kepada lingkungan tempat
kerja dan memberikan dampak yang membangun bagi rekan kerja Anda.
Bersikap Jujur & Terbuka
Basa basi seringkali membuat
hubungan pertemanan hanya berada pada level yang sama. Jika kualitas pertemanan
Anda dengan rekan kerja ingin semakin meningkat, jangan biarkan Anda memberikan
tanggapan yang sekadar basa basi dan berfokus hanya untuk menyenangkan hatinya.
Terkadang jujur itu tidak selamanya menyenangkan hati orang lain, namun mereka
akan mengerti bahwa Anda peduli terhadap mereka.
Jika hasil kerja rekan kerja Anda
kurang maksimal saat deadline akan tiba, Anda harus jujur kapadanya. Berikan
apresiasi kepada rekan kerja Anda sesuai dengan porsinya, tidak
melebih-lebihkan atau bahkan tidak memberi pujian sama sekali atas hasil kerja
yang mereka tampilkan.
Pujian dan rasa penghargaan yang
Anda berikan dapat menambah rasa percaya diri mereka untuk dapat menampilkan
performa kerja dengan lebih baik, dan Anda menjadi salah satu rekan kerja yang
berjasa bagi mereka dalam pengembangan karier di kantor.
Menjadi Pendengar yang Aktif
Ada kalanya rekan kerja Anda
mengalami masalah dan membutuhkan teman untuk curhat dan mendengarkan setiap
keluh kesahnya. Dalam rangka menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja,
Anda bisa menjadi “telinga” bagi mereka untuk sekadar meringankan beban yang
sedang mereka alami.
Posisikan diri Anda sebagai
seorang pendengar yang baik dengan memberikan saran ketika rekan kerja Anda
memintanya. Tak selamanya rekan kerja yang sedang dalam masalah membutuhkan
solusi dari Anda atau jalan keluar dalam masalah mereka. Ada kalanya mereka
sudah mengetahui apa yang harus mereka lakukan, namun mereka membutuhkan teman
untuk sekadar berbagi cerita dan beban hidup.
Jaga Privasi
Nah ini yang kadang kebablasan
ketika sedang berkomunikasi dengan rekan kerja. Jangan sampai menyinggung
masalah privasi kepada rekan kerja, apalagi sampai membicarakannya kepada rekan
kerja lainnya. Jelas itu sangat tidak baik. Urusan privasi ini biarkan menjadi
ranah masing-masing orang.
Berbeda jika Anda memang diminta
untuk mendengarkan masalahnya dan membantunya. Tetapi ingat jangan sampai itu
juga dibicarakan kepada rekan kerja lain. Biarkan itu jadi rahasia Anda dengan
dia.
Makan Bareng
Untuk menjaga keharmonisan antar
pegawai, Anda bisa mengajaknya untuk makan bersama, entah itu makan siang atau
selepas pulang kerja. Tetapi waktu makan siang adalah waktu yang tepat. Kalau
mau mengajak makan siang, jangan sampai pilih-pilih orang. Coba ajak yang
lainnya juga agar tidak ada kecemburuan.
Selingi Dengan Humor
Ketika sedang bekerja atau
istirahat, biasanya akan saling melontarkan humor-humor. Itu hal baik, karena
dengan humor dapat membuat suasana
menjadi menyenangkan. Tetapi ingat, jangan sampai humor malah membuat salah
satu pegawai sakit hati karena humornya kebablasan. Jadi perlu dijaga dan
diperhatikan batasannya.
BACA JUGA: Mengatasi Rasa Bosan Bekerja
Lakukan semua itu dengan tulus
bukan karena paksaan. Karena kalau hanya paksaan dan supaya membuat orang lain
senang, maka hasilnya juga tidak baik. Semoga Tips ini bisa bermanfaat untuk semua pembaca. Salam Sukses.
Tips Cara Membangun Hubungan yang Baik dengan Rekan Kerja
Reviewed by wawawahyu
on
February 11, 2020
Rating:
No comments: