Tips Cara Membangun Hubungan yang Baik dengan Rekan Kerja





Anda mungkin menghabiskan lebih banyak waktu dengan teman-teman kerja dibanding keluarga di rumah setiap harinya. Dari pagi sampai menjelang malam, mereka lah orang-orang yang selalu ada di sekitarmu. Sebagai makhluk sosial, kita diciptakan berdampingan dengan makhluk lainnya, terutama sesama manusia untuk dapat saling berkomunikasi, berinteraksi, saling membangun dan bersinergi. Dalam lingkungan tempat kerja, kita juga perlu menjalin hubungan yang baik dengan setiap orang, baik rekan kerja, atasan, dan juga bawahan sekalipun. Bagi kalangan pekerja sudah menjadi hal biasa jika waktu dan perhatian akan banyak tercurah pada pekerjaan. Menghabiskan waktu berjam-jam dengan rekan kerja di kantor menjadi makanan sehari-hari.

Oleh karena itu, hubungan baik dengan rekan kerja menjadi hal terpenting yang harus diperhatikan. Sebab, akan sangat menyedihkan jika kamu menghabiskan waktu berjam-jam dengan orang yang tidak disukai. Tak hanya membuat masing-maing merasa nyaman, hubungan yang baik juga akan membuat lingkungan kerja menjadi lebih kondusif. Untuk itu, penting bagi kamu untuk meningkatkan daya tarik agar rekan kerja menyukaimu dan hungan kalian berjalan mulus.


Berikut beberapa poin penting rangkuman wawasaputro.blogspot.com dari berbagai sumber yang harus anda perhatikan untuk tetap menjaga hubungan baik dengan rekan kerja:

Menghargai Rekan Kerja



Jika anda melihat seseorang merasa tidak nyaman dengan dirinya sendiri, ada baiknya untuk membantu mereka agar kembali mendapatkan kepercayaan dirinya. Jadilah orang yang menyenangkan dengan bersikap sopan, agar orang lain pun merasa nyaman.

Mengingat Nama

Beberapa hal sederhana yang Anda lakukan tentunya akan meninggalkan kesan yang baik. Membangun keakraban dengan rekan kerja dapat dimulai dari mengingat nama dan menyebutnya saat kalian mengobrol. Hal ini membuat lawan bicara anda merasa dihormati.


Jadilah Rekan Kerja yang Dapat Diandalkan



Hubungan yang baik dengan rekan kerja akan membawa atmosfer kerja yang baik, mengingat setidaknya 40 jam seminggu atau 8 jam sehari, Anda menghabiskan waktu Anda di kantor bersama dengan rekan kerja.
Salah satu cara jitu untuk menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja adalah dengan menjadi rekan kerja yang dapat diandalkan, terutama saat dibutuhkan.

Jangan Pilih-pilih Teman

Pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik. Saran dari pepatah di atas memang menharuskan kita untuk tidak ikut-ikutan dalam sebuah pergaulan yang merusak, namun bukan berarti kita menutup diri untuk tidak membuka pintu pertemanan dengan mereka yang Anda anggap memiliki kebiasaan yang tidak baik.
Dalam posisi ini, tentu Anda harus memiliki keteguhan hati untuk tidak terjerumus ke dalam pergaulan yang buruk. Sebaliknya, Anda dapat membawa pengaruh positif kepada lingkungan tempat kerja dan memberikan dampak yang membangun bagi rekan kerja Anda.


Bersikap Jujur & Terbuka



Basa basi seringkali membuat hubungan pertemanan hanya berada pada level yang sama. Jika kualitas pertemanan Anda dengan rekan kerja ingin semakin meningkat, jangan biarkan Anda memberikan tanggapan yang sekadar basa basi dan berfokus hanya untuk menyenangkan hatinya. Terkadang jujur itu tidak selamanya menyenangkan hati orang lain, namun mereka akan mengerti bahwa Anda peduli terhadap mereka.

Jika hasil kerja rekan kerja Anda kurang maksimal saat deadline akan tiba, Anda harus jujur kapadanya. Berikan apresiasi kepada rekan kerja Anda sesuai dengan porsinya, tidak melebih-lebihkan atau bahkan tidak memberi pujian sama sekali atas hasil kerja yang mereka tampilkan.
Pujian dan rasa penghargaan yang Anda berikan dapat menambah rasa percaya diri mereka untuk dapat menampilkan performa kerja dengan lebih baik, dan Anda menjadi salah satu rekan kerja yang berjasa bagi mereka dalam pengembangan karier di kantor.

Menjadi Pendengar yang Aktif



Ada kalanya rekan kerja Anda mengalami masalah dan membutuhkan teman untuk curhat dan mendengarkan setiap keluh kesahnya. Dalam rangka menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja, Anda bisa menjadi “telinga” bagi mereka untuk sekadar meringankan beban yang sedang mereka alami.
Posisikan diri Anda sebagai seorang pendengar yang baik dengan memberikan saran ketika rekan kerja Anda memintanya. Tak selamanya rekan kerja yang sedang dalam masalah membutuhkan solusi dari Anda atau jalan keluar dalam masalah mereka. Ada kalanya mereka sudah mengetahui apa yang harus mereka lakukan, namun mereka membutuhkan teman untuk sekadar berbagi cerita dan beban hidup.


Jaga Privasi

Nah ini yang kadang kebablasan ketika sedang berkomunikasi dengan rekan kerja. Jangan sampai menyinggung masalah privasi kepada rekan kerja, apalagi sampai membicarakannya kepada rekan kerja lainnya. Jelas itu sangat tidak baik. Urusan privasi ini biarkan menjadi ranah masing-masing orang.
Berbeda jika Anda memang diminta untuk mendengarkan masalahnya dan membantunya. Tetapi ingat jangan sampai itu juga dibicarakan kepada rekan kerja lain. Biarkan itu jadi rahasia Anda dengan dia.

Makan Bareng



Untuk menjaga keharmonisan antar pegawai, Anda bisa mengajaknya untuk makan bersama, entah itu makan siang atau selepas pulang kerja. Tetapi waktu makan siang adalah waktu yang tepat. Kalau mau mengajak makan siang, jangan sampai pilih-pilih orang. Coba ajak yang lainnya juga agar tidak ada kecemburuan.

Selingi Dengan Humor



Ketika sedang bekerja atau istirahat, biasanya akan saling melontarkan humor-humor. Itu hal baik, karena dengan humor  dapat membuat suasana menjadi menyenangkan. Tetapi ingat, jangan sampai humor malah membuat salah satu pegawai sakit hati karena humornya kebablasan. Jadi perlu dijaga dan diperhatikan batasannya.


Lakukan semua itu dengan tulus bukan karena paksaan. Karena kalau hanya paksaan dan supaya membuat orang lain senang, maka hasilnya juga tidak baik. Semoga Tips ini bisa bermanfaat untuk semua pembaca. Salam Sukses.

Tips Cara Membangun Hubungan yang Baik dengan Rekan Kerja Tips  Cara Membangun Hubungan yang Baik dengan Rekan Kerja Reviewed by wawawahyu on February 11, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.