Menjalin hubungan baik dengan atasan
bukan hanya bermanfaat demi kelancaran bekerja, tetapi juga untuk jenjang karir
masa depan dan kenyamanan dalam bekerja. Hubungan dengan atasan merupakan salah
satu hal yang membuat karyawan melihat pekerjaannya sebagai sebuah berkah atau
suatu beban berkepanjangan. Sehebat apapun karyawan dalam sebuah pekerjaan,
jika hubungan dengan atasan kurang baik, maka semuanya hanya akan menjadi suatu
beban dan rutinitas harian, sebelum datangnya tawaran pekerjaan yang baru. Oleh
karena itu, setiap karyawan harus memahami bahwa mereka harus bisa menjadikan atasan
sebagai acuan dalam membangun dan mengembangkan karir yang profesional.
Untuk itulah, Anda perlu
menyiapkan beberapa trik untuk menjalin hubungan baik serta positif dengan
atasan, tentu saja demi kelancaran dan jenjang karir Anda ke depannya :
Jaga Profesionalisme Dalam Bekerja
Menerima bagaimanapun keadaan atasan
dan tidak menentangnya. Setiap karyawan memang harus mengakui bahwa karyawan
adalah seorang bawahan. Sebagai seorang bawahan, karyawan harus menghargai
atasan dan keputusan-keputusan yang dibuatnya. Jika sudah menerima kenyataan
tersebut, akan lebih mudah bagi karyawan untuk menjernihkan pikiran, dan
memungkinkan karyawan untuk menemukan cara positif untuk menghadapi situasi
yang ada di kantor. Anda harus mengerjakan pekerjaan yang ditargetkan dengan
baik, tepat waktu, dan teliti. Dengan begitu atasan Anda akan lebih puas,
sehingga ini akan menjadikan kepercayaan yang baik antara Anda dan atasan.
Jadilah Karyawan Yang Lebih Produktif Lagi
Dalam dunia pekerjaan, profesionalisme saja
masih kurang cukup, Anda juga perlu mengembangkan tingkat produktivitas dalam
bekerja dengan membuka pikiran untuk memunculkan ide-ide cemerlang yang berguna
bagi perusahaan tempat Anda bekerja. Tentu saja ini akan semakin mendekatkan
hubungan Anda dengan atasan lebih baik.
Kebanyakan orang memang tidak suka
mendapatkan kritikan dari orang lain atas apa yang dilakukan. Tetapi, jika Anda
bisa bersikap bijaksana maka sebenarnya kritikan tersebut merupakan pelajaran
yang harus Anda terima agar menjadi lebih baik. Begitu pula dalam bekerja,
terima apapun kritikan dari atasan meskipun bersifat menjatuhkan, justru
kritikan tersebut akan menjadi bahan pelajaran yang berharga untuk meningkatkan
kinerja Anda.
Pahami Karakter Atasan Anda Dengan Baik
Jika memiliki atasan dengan karakter
yang kurang baik, setiap karyawan sebaiknya tidak menuntut agar atasan dapat
berubah. Namun, karyawan harus belajar untuk mengubah caranya dalam merespons
dan bereaksi. Dengan begitu, karyawan dapat memiliki hubungan yang lebih baik
dengan atasan. Dan dari sini, tentu Anda bisa mengerti apa yang seharusnya Anda
lakukan untuk menjaga hubungan terjalin dengan baik, dengan mengetahui apa yang
membuatnya lebih puas dengan pekerjaan Anda, apa yang membuatnya kecewa, bahkan
kapan ia merasa bad mood. Semakin Anda bisa mengetahui karakter atasan lebih
banyak, semakin pula memperlebar peluang Anda untuk mendekatinya.
Selalu Jaga Etika dan Moral Anda
Ingatlah bahwa atasan Anda hanya manusia
biasa, memang sudah menjadi watak manusia lebih condong untuk mendapatkan
penghormatan dari orang lain, apalagi Anda sadar akan posisi Anda saat ini.
Menjaga dan mengendalikan diri sendiri. Setiap karyawan harus menjaga hubungan
profesional, hubungan saling menghormati dengan rekan kerja dan atasan. Jadi,
pastikan Anda tetap menjaga etika dan moral, misalnya :
- Sopan dalam berkomunikasi
- Saling menyapa saat bertemu
- Jangan mencari-cari kesalahan
- Jangan ikuti komunitas para haters
- Hindari sifat egois, dan lain-lain.
Apapun masalah dalam pekerjaan, akan
lebih baik jika Anda mendiskusikannya dengan atasan jika memang Anda mengalami
jalan buntu. Demikian pula jika Anda memiliki konflik dengan atasan, jangan
takut untuk mendiskusikan masalah tersebut, mintalah ia untuk menasehati Anda
atas apa yang seharusnya Anda lakukan, terima dengan hati jernih atas kesalahan
Anda.
Dapat memahami Batasan Anda dan Ingatlah Diri Sendiri
Seakrab apapun Anda dengan atasan, sadarilah
posisi Anda, Anda bukanlah teman tetapi masih bawahan. Jadi, tetap jaga sikap
hormat Anda kepadanya dan fokuslah untuk tetap membangun kepercayaan antara Anda dengannya. Melakukan introspeksi diri,
agar tidak terjadi ketegangan dalam hubungan dengan atasan. Setiap karyawan
harus bisa melihat keadaan secara objektif, untuk dapat menemukan jalan bahwa
bisa menjalin kerjasama dengan atasan secara baik.
Terkadang kalau hubungan kerja antara
anda dengan atasan sudah baik dan bisa dibilang
akrab. Suasana kerja menjadi nyaman dan damai. Bekerja tetapi berasa liburan,
anda bisa bercanda dengan atasan diwaktu istirahat maupun saling bercerita
tentang keluarga masing-masing, itulah yang disebut keluarga kedua anda selain
di rumah. Maka dari itu menjaga hubungan baik dengan atasan kerja itu penting,
gak melulu membahas pekerjaan saja. Semoga tips ini bisa bermanfaat untuk anda
para pembaca. Salam sukses.
Tips Menjalin Hubungan Baik Dengan Atasan Kerja, Karena Keluarga Kedua Itu Ada Di Tempat Kerja
Reviewed by wawawahyu
on
February 08, 2020
Rating:
No comments: