Tips Menjalin Hubungan Baik Dengan Atasan Kerja, Karena Keluarga Kedua Itu Ada Di Tempat Kerja





         Menjalin hubungan baik dengan atasan bukan hanya bermanfaat demi kelancaran bekerja, tetapi juga untuk jenjang karir masa depan dan kenyamanan dalam bekerja. Hubungan dengan atasan merupakan salah satu hal yang membuat karyawan melihat pekerjaannya sebagai sebuah berkah atau suatu beban berkepanjangan. Sehebat apapun karyawan dalam sebuah pekerjaan, jika hubungan dengan atasan kurang baik, maka semuanya hanya akan menjadi suatu beban dan rutinitas harian, sebelum datangnya tawaran pekerjaan yang baru. Oleh karena itu, setiap karyawan harus memahami bahwa mereka harus bisa menjadikan atasan sebagai acuan dalam membangun dan mengembangkan karir yang profesional.

Untuk itulah, Anda perlu menyiapkan beberapa trik untuk menjalin hubungan baik serta positif dengan atasan, tentu saja demi kelancaran dan jenjang karir Anda ke depannya :
Jaga Profesionalisme Dalam Bekerja





Menerima bagaimanapun keadaan atasan dan tidak menentangnya. Setiap karyawan memang harus mengakui bahwa karyawan adalah seorang bawahan. Sebagai seorang bawahan, karyawan harus menghargai atasan dan keputusan-keputusan yang dibuatnya. Jika sudah menerima kenyataan tersebut, akan lebih mudah bagi karyawan untuk menjernihkan pikiran, dan memungkinkan karyawan untuk menemukan cara positif untuk menghadapi situasi yang ada di kantor. Anda harus mengerjakan pekerjaan yang ditargetkan dengan baik, tepat waktu, dan teliti. Dengan begitu atasan Anda akan lebih puas, sehingga ini akan menjadikan kepercayaan yang baik antara Anda dan atasan.

Jadilah Karyawan Yang Lebih Produktif Lagi

Dalam dunia pekerjaan, profesionalisme saja masih kurang cukup, Anda juga perlu mengembangkan tingkat produktivitas dalam bekerja dengan membuka pikiran untuk memunculkan ide-ide cemerlang yang berguna bagi perusahaan tempat Anda bekerja. Tentu saja ini akan semakin mendekatkan hubungan Anda dengan atasan lebih baik.
Terima Kritikan Dengan Lapang Sebagai Evaluasi




Kebanyakan orang memang tidak suka mendapatkan kritikan dari orang lain atas apa yang dilakukan. Tetapi, jika Anda bisa bersikap bijaksana maka sebenarnya kritikan tersebut merupakan pelajaran yang harus Anda terima agar menjadi lebih baik. Begitu pula dalam bekerja, terima apapun kritikan dari atasan meskipun bersifat menjatuhkan, justru kritikan tersebut akan menjadi bahan pelajaran yang berharga untuk meningkatkan kinerja Anda.

Pahami Karakter Atasan Anda Dengan Baik

Jika memiliki atasan dengan karakter yang kurang baik, setiap karyawan sebaiknya tidak menuntut agar atasan dapat berubah. Namun, karyawan harus belajar untuk mengubah caranya dalam merespons dan bereaksi. Dengan begitu, karyawan dapat memiliki hubungan yang lebih baik dengan atasan. Dan dari sini, tentu Anda bisa mengerti apa yang seharusnya Anda lakukan untuk menjaga hubungan terjalin dengan baik, dengan mengetahui apa yang membuatnya lebih puas dengan pekerjaan Anda, apa yang membuatnya kecewa, bahkan kapan ia merasa bad mood. Semakin Anda bisa mengetahui karakter atasan lebih banyak, semakin pula memperlebar peluang Anda untuk mendekatinya.


Selalu Jaga Etika dan Moral Anda



Ingatlah bahwa atasan Anda hanya manusia biasa, memang sudah menjadi watak manusia lebih condong untuk mendapatkan penghormatan dari orang lain, apalagi Anda sadar akan posisi Anda saat ini. Menjaga dan mengendalikan diri sendiri. Setiap karyawan harus menjaga hubungan profesional, hubungan saling menghormati dengan rekan kerja dan atasan. Jadi, pastikan Anda tetap menjaga etika dan moral, misalnya :
  • Sopan dalam berkomunikasi
  • Saling menyapa saat bertemu
  • Jangan mencari-cari kesalahan
  • Jangan ikuti komunitas para haters
  • Hindari sifat egois, dan lain-lain. 
BACA JUGA: Inilah Jenis-Jenis Gangguan Mood Yang Perlu Anda Ketahui

Apapun masalah dalam pekerjaan, akan lebih baik jika Anda mendiskusikannya dengan atasan jika memang Anda mengalami jalan buntu. Demikian pula jika Anda memiliki konflik dengan atasan, jangan takut untuk mendiskusikan masalah tersebut, mintalah ia untuk menasehati Anda atas apa yang seharusnya Anda lakukan, terima dengan hati jernih atas kesalahan Anda.
  
Dapat memahami Batasan Anda dan Ingatlah Diri Sendiri

Seakrab apapun Anda dengan atasan, sadarilah posisi Anda, Anda bukanlah teman tetapi masih bawahan. Jadi, tetap jaga sikap hormat Anda kepadanya dan fokuslah untuk tetap membangun kepercayaan antara  Anda dengannya. Melakukan introspeksi diri, agar tidak terjadi ketegangan dalam hubungan dengan atasan. Setiap karyawan harus bisa melihat keadaan secara objektif, untuk dapat menemukan jalan bahwa bisa menjalin kerjasama dengan atasan secara baik.


Terkadang kalau hubungan kerja antara anda  dengan atasan sudah baik dan bisa dibilang akrab. Suasana kerja menjadi nyaman dan damai. Bekerja tetapi berasa liburan, anda bisa bercanda dengan atasan diwaktu istirahat maupun saling bercerita tentang keluarga masing-masing, itulah yang disebut keluarga kedua anda selain di rumah. Maka dari itu menjaga hubungan baik dengan atasan kerja itu penting, gak melulu membahas pekerjaan saja. Semoga tips ini bisa bermanfaat untuk anda para pembaca. Salam sukses.

Tips Menjalin Hubungan Baik Dengan Atasan Kerja, Karena Keluarga Kedua Itu Ada Di Tempat Kerja Tips Menjalin Hubungan Baik Dengan Atasan Kerja, Karena Keluarga Kedua Itu  Ada Di Tempat Kerja Reviewed by wawawahyu on February 08, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.