8 Manfaat Air Hujan Untuk Kesehatan Jiwa Dan Raga




Hujan merupakan fenomena alam turunnya air dari langit ke bumi. Pada dasarnya hujan merupakan fenomena alami dan air hujan yang dihasilkan adalah air murni yang bahkan bisa lebih bersih dibandingkan air dalam tanah. Sayangnya banyak orang yang tidak menyadari manfaat air hujan dan justru berpikir air hujan berbahaya yang menyebabkan demam, sakit kepala dan masuk angin.

Air Hujan yang Baik Digunakan untuk Kesehatan

Air yang ditampung dari hujan yang sudah turun lebih dari 20 menit. Air hujan yang pertama turun buruk untuk kesehatan karena mengandung zat kimia dan polutan berbahaya. Air yang ditampung langsung dari langit tanpa melalui pipa atau terkena pepohonan. Air yang tidak mengalir dari talang genteng. Talang genteng yang bersih dan kering saja dapat menjadi sarang beribu kuman, bayangkan saja talang yang lembab saat musim hujan. Air yang dimasak terlebih dahulu.  Jangan langsung meminum air hujan tanpa diolah.

Berikut inilah manfaat air hujan yang telah dirangkum wawasaputro.blogspot.com, mungkin belum banyak  Anda ketahui.

1. Memiliki pH Alkaline Tinggi



Kandungan pH alkaline yang tinggi pada hujan bisa kamu manfaatkan untuk berbagai macam fungsi kesehatan dan kebersihan. Di antaranya adalah untuk masalah pencernaan dan pengganti shampo rambut. Alkali pada air hasil hujan memiliki pH basa yang setingkat dengan air suling yang sudah tersaring sehingga dapat membantu masalah pencernaan seperti asam lambung dan maag. Senyawa tersebut dapat menetralkan pH tubuh kita serta membunuh racun pada darah. Selain itu, kandungan alkali pada hujan juga dapat membersihkan kepala dari ketombe dan memperkuat akar rambut.



2. Mencegah Kanker



Satu lagi nih fungsi pH alkali air hujan yang ajaib. pH basanya dapat mencegah dan menghambat proliferasi sel-sel kanker karena mampu menetralkan pH darah layaknya antioksidan. Pengobatan ini sudah marak digunakan di India. Di mana para pasien dianjurkan meminum air hujan pada saat bulan pertama musim hujan karena kandungan pH alkalinya yang sedang tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.


3. Mengobati masalah pencernaan



Manfaat air hujan dapat membantu menenangkan mukosa lambung yang teriritasi dan menetralkan asam lambung. Untuk mendapat khasiatnya, minum air hujan yang memiliki pH basa sebanyak 2-3 sendok saat perut kosong setiap pagi. Air hujan tidak mengandung klorin – dikenal sebagai zat korosif yang dapat memperparah luka. Jadi, sangat aman.


4. Air hujan tidak mengandung fluorida dan klorin

Klorin yang digunakan berguna untuk membunuh kuman dalam air ledeng, sementara kandungan fluoride dalam air berasal dari tanah. Di beberapa negara dan terutama negara berkembang, mereka masih menggunakan chorine yang digunakan sebagai antiseptik, karena harganya sangat murah. Tetapi, jika menggunakan terlalu banyak, air menjadi berbau klorin. Minum air yang mengandung banyak klorin dan fluorida dapat menganggu kesehatan tubuh, seperti sakit kepala, gastritis, dan organ tubuh lainnya yang rusak karena efek korosif klorin.


5. Menyehatkan rambut



Manfaat air hujan yang alami dan bersifat ringan dapat membantu menghilangkan kotoran lebih efektif, karena air hujan bekerja lebih baik dengan sampo dan sabun. Kandungan pH alkali dalam air hujan meningkatkan pertumbuhan rambut dan menguatkan rambut. Jika dibandingkan, air biasa yang mengandung pH asam dapat merusak keratin dan folikel rambut, sehingga menyebabkan rambut rapuh.

6. Membantu menyehatkan kulit



Mandi dengan air hujan membuat sabun bekerja lebih efektif pada kulit, meskipun menggunakan sedikit sabun. Sementara menggunakan banyak sabun yang miliki pH asam kuat dan zat pewangi dapat menyebabkan kulit kering dan kusam. Pada dasarnya kulit menyukai air yang ringan seperti air hujan. Manfaat air hujan untuk kesehatan kulit berkat kandungan pH alkali, yang membantu menjaga kelembapan dan elastisitas kulit, baik diminum maupun untuk mandi. Mandi menggunakan air hujan secara teratur menjadikan kulit tampak awet muda dan bercahaya.

7. Mencegah jerawat dan bisul



Khasiat air hujan yang bersifat ringan dapat membersihkan kulit lebih efektif, karena mampu menghilangkan bakteri jahat penyebab jerawat dan bisul. PH basa dalam air hujan juga dapat membantu meredakan  jerawat dan bisul yang meradang.


8. Menenangkan Jiwa



Selain itu, manfaat air hujan untuk mandi juga membuat pikiran lebih tenang, cocok bagi Anda yang stres dengan rutinitas pekerjaan yang melelahkan. Aroma petrichor atau aroma dimana tanah mulai dibasahi oleh air hujan ternyata memang bisa membuat pikiran kita menjadi lebih tenang. Tak hanya itu, suara rintik air hujan memang telah terbukti mampu mengatasi stress sekaligus membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Tanpa kita sadari, suara air hujan yang memiliki ritme yang cenderung konstan ternyata akan menyamarkan berbagai suara yang cenderung mengganggu atau berisik. Hal ini akan membuat semacam suara yang bisa membuat pikiran kita menjadi netral. Hal ini akan membuat pikiran kita menjadi tenang dan hanya fokus pada suara rintik-rintik hujan tersebut. Kondisi inilah yang akhirnya akan membuat tubuh menjadi lebih rileks dan membantu tubuh untuk segera tertidur dengan lebih lelap.



Air hujan memang memiliki karakterisktik yang berbeda dengan air yang berasal dari tanah. Air hujan tidak mengandung mineral, berbeda dengan air tanah yang memiliki kandungan mineral. Maka dari itu, air hujan memiliki rasa yang lebih hambar jika dibandingkan dengan air tanah.

Air hujan dianggap lebih murni karena lebih sedikit mengalami kontaminasi dibandingkan dengan air tanah. Warna air hujan juga cenderung lebih bening dan konsisten dibandingkan dengan air tanah yang warnanya juga bisa berubah karena pengaruh mineral yang ada di dalamnya. Meskipun memiliki perbedaan tapi manfaat air hujan untuk kesehatan dan air tanah pada dasarnya tidak jauh berbeda, yaitu dapat dijadikan sebagai sumber kehidupan. Salam sehat.






8 Manfaat Air Hujan Untuk Kesehatan Jiwa Dan Raga 8 Manfaat Air Hujan Untuk  Kesehatan Jiwa Dan Raga Reviewed by wawawahyu on March 09, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.