10 Manfaat Luar Biasa Jantung Pisang Untuk Kesehatan





Salah satu bagian dari pohon pisang ini kerap dibuang karena dianggap tak berguna. Padahal, manfaatnya bagi kesehatan lumayan banyak dan dapat diolah menjadi masakan yang lezat. Jantung pisang atau bunga pisang dihasilkan oleh pokok pohonnya dan merupakan bakal buah pisang. Ia tumbuh pada berbagai jenis pohon pisang. Pada sebagian jenis pisang, bagian ini memiliki kulit luar merah dan bagian dalam putih kekuningan.

Orang Asia Selatan maupun orang Asia Tenggara menggunakan bunga pisang sebagai sayuran. Mereka menggunakannya baik mentah atau direbus. Orang indonesia mengolah dalam berbagai aneka masakan seperti tumisan, pepes, dan dibuat sayur lodeh. Baik bagian daging maupun jantungnya dapat dimakan. 

Namun, tidak semua jantung pisang bisa dikonsumsi. Jantung pisang yang dapat dikonsumsi adalah yang berasal dari jenis pisang kapok, pisang batu, pisang siam, dan pisang klutuk. Jantung pisang dari jenis pisang lain seperti pisang ambon, tidak disarankan untuk dikonsumsi sebab kandungan taninnya yang tinggi sehingga rasanya pahit.


Berikut ini sejumlah manfaat lain dari jantung pisang untuk kesehatan, sebagaimana dilansir dari laman Tulisanwanita.com :

1. Meningkatkan mood dan mengatasi kecemasan



Magnesium yang dikandung jantung pisang berfungsi sebagai anti-depresan. Jadi, dengan mengonsumsi jantung pisang, orang dapat memiliki mood yang baik dan mengurangi gangguan kecemasan, bahkan tanpa efek samping.


2. Mengurangi Aktivitas Radikal Bebas




Adanya radikal bebas dalam tubuh dapat menyebabkan masalah serius. Untungnya, ekstrak metanol yang ada dalam bunga pisang memiliki sifat antioksidan. Jantung pisang ini dapat dimanfaatkan untuk menangani radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada tubuh. Juga, mengobati banyak masalah kesehatan, seperti penuaan dini dan kanker.

3. Mengurangi Pendarahan Menstruasi



Wanita sering merasakan nyeri saat menstruasi. Jantung pisang dipercaya mampu meningkatkan kadar progesteron dan mengatur hormon wanita agar siklus menstruasi menjadi teratur dan mengurangi pendarahan. Cobalah membuat tumisan jantung pisang untuk membantu mengatasi masalah ini.


4. Menangkal Infeksi




Bunga pisang mengobati infeksi, karena ekstrak berbasis etanol. Bunga pisang menghambat pertumbuhan bakteri patogen. Beberapa di antaranya adalah bacillus subtalis, bacillus cereus, dan escherichia coli. Bunga pisang juga membantu menyembuhkan luka. Menurut sebuah penelitian, ekstrak bunga pisang juga dapat menghambat pertumbuhan parasit malaria plasmodium falciparum secara in vitro. Tapi klaim ini masih perlu pembuktian lebih lanjut.

5. Mengelola Diabetes Dan Anemia



Jantung pisang juga mampu mengurangi kadar gula darah. Ini juga meningkatkan kadar hemoglobin total dalam tubuh. Namun, seperti halnya aktivitas antimikroba, efek hipoglikemik bunga pisang belum terbukti secara klinis.


6. Mencegah gangguan saraf



Jantung pisang juga mengandung zat anti-radikal bebas. Karena itu, mengonsumsi makanan ini bisa bermanfaat untuk mencegah sakit gangguan saraf seperti Parkinson dan Alzheimer yang diakibatkan oleh radikat bebas.

7. Sumber Kaya Vitamin Dan Mineral



Bunga pisang mengandung berbagai vitamin seperti Vitamin A, C, dan E. Dan juga mengandung kalium dan serat. Ini menjadikannya makanan kesehatan yang sangat baik dan sumber nutrisi sehat.


8. Membantu Ibu Menyusui



Ibu yang baru melahirkan sering mengalamii banyak masalah dalam hal menyusui. Salah satu masalah utama yang mereka hadapi adalah berkurangnya pasokan susu. Jantung pisang meningkatkan pasokan susu yang membantu ibu-ibu baru menyusui buah hati mereka dengan lebih baik.

9. Menyehatkan Ginjal



Potasium yang dikandungnya dapat membantu mengurangi risiko batu ginjal.

10. Mencegah Kanker



Khasiat anti kankernya dapat membantu mencegah dan membunuh sel kanker saat masih dalam tahap awal.


Informasi Nilai Gizi Jantung Pisang

100 g jantung  pisang mengandung nutrisi yang disebutkan di bawah ini :

·         51 kkal
·         1.6 g Protein
·         0,6 g Lemak
·         9.9 g Karbohidrat
·         5.7 g Serat
·         56 mg Kalsium
·         73,3 mg Fosfor
·         56,4 mg Besi
·         13 mg Tembaga
·         553,3 mg Kalium
·         48,7 mg Magnesium
·         Vitamin 1,07 mg

Itulah beberapa manfaat jantung pisang dan nilai gizi yang jarang diketahui orang. Ketika dikombinasikan dengan konsumsi pisang, kamu dapat menuai semua manfaat kesehatan luar biasa yang ditawarkan. Selamat mencoba!  Salam sehat.

10 Manfaat Luar Biasa Jantung Pisang Untuk Kesehatan 10 Manfaat Luar Biasa Jantung Pisang Untuk Kesehatan Reviewed by wawawahyu on March 04, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.