9 Manfaat Sayur Terong Untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui





Terong merupakan spesies Solanaceae, digunakan dalam berbagai masakan populer di Indonesia. Ternyata, terong hadir dengan beberapa manfaat kesehatan yang menguntungkan. Terong ungu adalah salah satu sayuran yang padat nutrisi. Tidak hanya vitamin, mineral dan serat di dalamnya juga menjadi sumber manfaat terong ungu untuk kesehatan tubuh kita. Seporsi terong ungu atau sekitar 80 gram, mengandung 20 kalori, 3 gram serat, 1 gram protein, 5 gram karbohidrat, 5 persen folat dari rekomendasi konsumsi harian, 5 persen kalium dari rekomendasi konsumsi harian, 10 persen mangan dari rekomendasi konsumsi harian, 4 persen vitamin K dari rekomendasi konsumsi harian dan 3 persen vitamin C dari rekomendasi konsumsi harian.

Berikut adalah beberapa manfaat sayur terong yang dirangkum wawasaputro.blogspot.com dari berbagai sumber  mengapa menambahkan terong dalam menu masakan Anda dapat terbukti sangat menyehatkan.

1.Menurunkan berat badan




Kandungan kalori yang rendah dan serat yang tinggi, membuat terong ungu menjadi makanan yang ideal untuk Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Anda juga bisa menggunakan terong sebagai pengganti bahan makanan lain yang lebih tinggi kalori.

BACA JUGA: 10 Manfaat Luar Biasa Jantung Pisang Untuk Kesehatan

2. Kaya nasunin




Terong sering disebut makanan otak karena memiliki fitonutrien antosianin disebut nasunin di kulitnya. Nasunin bukan hanya antioksidan yang kuat, tetapi juga penghancur radikal bebas. Ini membantu dalam melindungi membran sel otak dari segala macam kerusakan. Selain itu, terong dapat mencegah anemia. Saat Anda datang bulan, mengkonsumsi terong dapat meningkatkan zat besi sehingga dapat terhindar dari anemia.

3. Kaya senyawa antioksidan fenolik




Terong memiliki senyawa fenolik yang disebut asam klorogenat. Pengikat radikal bebas efektif ini memiliki sifat anti-kanker, anti-mikroba, anti-virus, dan anti-LDL (kolesterol jahat).

BACA JUGA: Berbagai Manfaat Buah Pinang bagi Kesehatan Yang Tidak Banyak Diketahui

4. Dipercaya dapat membantu mencegah kanker




Terong ungu mengandung polifenol yang dipercaya memiliki efek antikanker. Sementara itu, komponen lain dalam terong, juga dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga bisa mencegah pertumbuhan sel tumor dan penyebaran sel kanker.

5. Mencerahkan warna kulit




Karena kadar air tinggi yang terkandung dalam terong, hal ini membantu dalam menjaga kulit dan rambut sehat. Terong juga berkhasiat membantu menjaga kekuatan kuku agar tidak mudah rapuh. Untuk hasil terbaik, Anda harus mencoba makan terong mentah, karena dimasak terlebih dahulu dapat menyebabkan kehilangan kadar air.

BACA JUGA: Manfaat Luar Biasa Bangun Di Pagi Hari Untuk Kesehatan

6. Menjaga kesehatan otak




Komponen antioksidan di dalam terong juga disebut berpotensi untuk melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, komponen ini juga dapat mencegah terjadinya peradangan pada sel saraf, dan membantu memperlancar aliran darah ke otak.

7. Bisa membantu dalam berhenti merokok




Kabar baik bagi perokok, telah ditemukan bahwa terong memiliki sejumlah kecil nikotin. Jadi, jika Anda mencoba untuk berhenti merokok maka Anda dapat menambahkan terong dalam diet Anda dan dapat membantu mengekang keinginan Anda untuk merokok. Ini adalah cara yang bagus dan alami untuk berhenti merokok.

BACA JUGA: Inilah Manfaat Minum Susu Malam Hari Sebelum Tidur

8. Baik untuk jantung Anda




Terong membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah dan juga menjaga kolesterol pada tingkat yang sehat, mereka terbukti benar-benar bermanfaat bagi jantung jika Anda memasukkannya dalam diet Anda. Ini membantu dalam relaksasi pembuluh darah di jantung. Berkat fitonutrien yang hadir dalam terong, Anda berada pada risiko yang lebih rendah terkena serangan jantung, penyakit jantung, atau stroke.

9. Mampu mengontrol kadar gula darah




Menambahkan terong ungu ke dalam menu harian Anda, dapat membantu kadar gula darah di tubuh jadi lebih terkontrol. Manfaat terong ungu ini didapatkan dari kandungan serat yang dimilikinya. Serat dapat menghambat pencernaan dan penyerapan gula di tubuh. Penyerapan yang lebih lambat, membuat kadar gula darah di tubuh menjadi semakin stabil.
Terong ungu memang lezat. Namun jika mengonsumsinya secara berlebihan, ada beberapa gangguan yang berisiko muncul di tubuh Anda, seperti mengganggu penyerapan zat besi. Dalam terong, terdapat komponen bernama nasunin yang dapat mengikat zat besi dan mengeluarkannya dari sel. Nasunin berdampak baik jika dikonsumsi orang yang kelebihan zat besi. Tapi, jika kondisinya sebaliknya, Anda disarankan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung nasunin. Selamat mencoba! Salam sehat.



9 Manfaat Sayur Terong Untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui 9 Manfaat Sayur Terong Untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui Reviewed by wawawahyu on March 05, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.