Berbagai Manfaat Buah Pinang bagi Kesehatan Yang Tidak Banyak Diketahui





Pohon pinang sering kita temui keberadaaanya di pinggir jalan atau pada pembatas jalan. Pohon yang memiliki bentuk menyerupai pohon kelapa ini ternyata menyimpan banyak manfaat untuk tubuh. Buah pinang muda maupun tua sama-sama dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan. manfaat buah pinang bisa jadi obat kuat untuk kaum pria lho! Pinang juga dapat dikonsumsi dengan berbagai cara.



Berikut adalah manfaat buah pinang untuk tubuh yang dirangkum wawasaputro.blogspot.com dari berbagai sumber, yang pastinya tidak boleh Anda lewatkan!

Meningkatkan gairah seksual pria



Manfaat pinang muda yang paling terkenal salah satunya adalah dapat meningkatkan gairah seksual, terutama pada pria. Manfaat pinang yang satu ini dipercaya didapatkan dari kandungan alkaloid aktif dalam pinang berupa senyawa arekolin. Pria yang mengonsumsi air rebusan pinang maupun buah pinang secara langsung staminanya dipercaya akan naik. Beberapa sumber bahkan menyatakan bahwa pinang juga dapat mengatasi penyakit disfungsi seksual pada pria.

BACA JUGA: Manfaat Luar Biasa Bangun Di Pagi Hari Untuk Kesehatan

Mengatasi cacingan



Manfaat buah pinang selanjutnya masih berkaitan dengan pencernaan. Pinang juga dipercaya dapat mengatasi cacingan. Penyakit cacingan banyak dialami oleh anak-anak, namun tidak jarang juga orang dewasa yang terkena cacingan. Keberadaan cacing dalam saluran pencernaan dapat mengganggu sistem pencernaan dan menghambat penyerapan nutrisi untuk tubuh

Meningkatkan nafsu makan



Manfaat buah pinang yang pertama adalah untuk meningkatkan nafsu makan. Gangguan nafsu makan tentunya tidak boleh dianggap sepele karena akan membuat kebutuhan nutrisi seseorang tidak terpenuhi dan memicu gangguan tubuh lain yang lebih serius. Konsumsi pinang secara rutin dipercaya dapat membangkitkan nafsu makan seseorang.



Mengobati gangguan pencernaan



Manfaat buah pinang selanjutnya adalah mengobati gangguan pencernaan. Pinang dipercaya dapat membantu untuk mengatasi konstipasi atau kesulitan buang air besar. Selain itu, buah ini juga baik untuk memelihara usus besar dan usus halus. Pinang juga sering kali dijadikan ramuan untuk mengatasi diare karena memiliki kemampuan mengeluarkan racun dalam tubuh.


Menghentikan pendarahan



Manfaat buat pinang selanjutnya adalah untuk menghentikan pendarahan. Pinang dipercaya ampun untuk menghentikan pendarahan yang terjadi akibat luka di kulit hingga mengatasi mimisan. Buah pinang dapat diminum air rebusannya atau dihancurkan dan diaplikasikan langsung pada bagian kulit yang terluka.


Melindungi gigi



Manfaat pinang muda selanjutnya adalah mencegah gigi dari kerusakan. Sebuah penelitian membuktikan bahwa pinang memiliki aktivitas antimikroba yang dapat mencegah aktivitas bakteri penyebab gigi berlubang. Pinang juga dapat membuat gusi dan gigi menjadi lebih kuat.

Mengatasi bau mulut



Selian dapat melindungi gigi, pinang juga dapat mengatasi bau mulut. Sama halnya seperti masalah gigi berlubang, bau mulut juga diakibatkan oleh aktivitas bakteri dalam mulut. Menggunakan buah pinang sebagai obat kumur bisa menjaga kesehatan mulut dan gigi secara keseluruhan.


Pengobatan glaukoma



Glaukoma merupakan berbagai kondisi mata yang dapat memicu kebutaan. Buah pinang dipercaya dapat membantu pengobatan glaukoma. Hal ini karena buah pinang dipercaya dapat menstimulsi sistem saraf pusat. Pinang juga memiliki manfaat untuk mengatasi rabun mata yang diakibatkan oleh berbagai sebab.

Menyehatkan rahim



Masyarakat Biak dan Serui (Papua) kerap memanfaatkan biji pinang muda sebagai obat alami untuk mengecilkan rahim setelah melahirkan. Biasanya para perempuan memasak buah pinang muda tersebut dan airnya diminum selama satu minggu.

Selain itu, pinang muda juga bisa dimanfaatkan untuk menghentikan perdarahan. INi karena ada senyawa arecaidine atau arecaine, choline atau bilineurine, guvacine, guvacoline dan tannin di dalamnya. Sifat astringent dan hemostatik dari zat tannin inilah yang berkhasiat untuk menghentikan perdarahan.
Merapatkan bagian vagina



Bagi para perempuan yang baru saja melahirkan, salah satu masalah yang kerap dikeluhkan adalah kekhawatiran tentang vagina yang tidak bisa rapat kembali. Secara bertahap sebenarnay vagina bisa kembali rapat seperti sebelumnya, kok. Hanya saja, Anda juga bisa menggunakan cara alami dengan memanfaatkan pinang muda untuk membantu proses pemulihan ini.

Guna mendapatkan manfaat ini, Anda perlu menyiapkan kulit pinang muda, kapur sirih, biji gambir dan daun sirih muda. Caranya, cabut kecil-kecil kulit pinang muda, kemudian tumbuh biji gambir. Ayak kapur sirih yang sudah dibersihkan. Rebus air secukupnya, masukkan semua bahan tersebut. Kemudian setelah matang, biarkan bahan-bahannya mengendap sempurna dan air rendaman menjadi dingin. Gunakan air tersebut untuk membilas area vagina secara teratur.

Baik untuk kesehatan kulit



Pinang juga dipercaya sebagai buah yang baik untuk kulit. Buah pinang dapat mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat dan kulit berminyak. Perawatkan kulit menggunakan pinang juga dipercaya dapat mencegah penuaan dini atau bahkan menyamarkan tanda-tanda penuaan yang terlalnjur muncul.

Manfaat buah pinang untuk kesehatan memang sangat banyak, namun sebagian manfaat ini belum memiliki bukti ilmiah, Oleh karena itu, konsumsilah pinang dengan hati-hati dan tidak berlebihan. Pinang bisa dikonsumsi langsung, direbus dan diminun air rebusannya, dan terdapat juga pinang yang sudah diekstrak dan tersedia dalam bentuk jamu. Pinang yang dikonsumsi secara langsung juga bisa dimakan mentah ataupun dimasak dengan cara dipanggang maupun di bakat. Selamat mencoba, salam sehat.



Berbagai Manfaat Buah Pinang bagi Kesehatan Yang Tidak Banyak Diketahui Berbagai Manfaat Buah Pinang bagi Kesehatan Yang Tidak Banyak Diketahui Reviewed by wawawahyu on February 29, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.