Karma Baikmu Tergantung Pilihan Dan Tindakanmu





Sebagian besar orang mengaitkan kata karma dengan nasib buruk dan konsekuensi dari perbuatan jahatnya. Karma juga bisa disebut sebagai reaksi terhadap apa yang kita lakukan kepada orang lain. Untuk mendapatkan karma yang baik, Anda juga harus menyadari dan memperbaiki perlakukan kepada orang lain. Banyak diantara kita yang menyaksikan orang yang rajin bekerja namun tidak kunjung menjadi kaya. Banyak orang jahat namun tetap menikmati kejayaan dan kekayaan.

Sehingga membuat sebagian dari kita menjadi ragu akan hukum karma. Apalagi karma bukanlah suatu hal yang tampak. Karma dibuat oleh pilihan dan tindakan Anda sendiri, entah itu baik atau buruk. Dan bukan hanya dibuat dalam kehidupan sekarang, tetapi juga dari kehidupan yang sebelumnya. Setiap tindakan yang kita lakukan mengubah jalan kehidupan di depan kita, membuka atau menutup, dan juga dapat mengubah dunia di sekitar kita. Jadi, kita harus menjalani hidup kita dengan bijak.

Berikut pilihan dan tindakan yang dapat dilakukan agar karma baik berpihak pada kita:

Berbuat baik



Ini terdengar sangat mudah, tapi sulit dilakukan. Jika Anda ingin hal-hal baik terjadi pada Anda maka Anda harus benar-benar mulai belajar menjadi orang baik. Semua yang baik harus dimulai dengan diri Anda sendiri. Anda tidak bisa mengharapkan orang lain bersikap/berbuat baik jika Anda sendiri masih sering berbuat tidak baik dengan orang lain.

Berkata jujur



Kadang-kadang kita dihadapkan pada situasi dimana kita terpaksa berbohong, dengan alasan ‘demi kebaikan’. Mulanya timbul rasa bersalah atas kebohongan, tapi jika kita sekali saja berbohong, maka pikiran bawah sadar kita akan merekam tindakan kebohongan kita. Kadang-kadang kita tidak berhenti berbohong di situ saja dan lambat laun akan menjadi sebuah kebiasaan nantinya. Jadi hentikan saja kebiasaan berbohong, selalu katakan yang sebenarnya, meskipun itu tidak baik dan tidak ada yang mau mendengarnya. Pada akhirnya, ini hanyalah cara yang lebih baik untuk dilakukan.


Selalu berpikir positif



Jika suatu hari Anda tiba-tiba dikejutkan dengan kabar yang menjelek-jelekkan Anda. Apakah Anda marah dan ingin membalas perlakuan orang yang nyinyir? Kejelekan dibalas dengan kejelekan tidak akan menemui akhir yang bahagia, justru akan menjadi siklus yang berulang. Jangan lakukan itu. Tetap kembangkan pikiran positif dan doa’kan orang-orang yang melukai perasaan Anda supaya sadar. Percayalah, Anda akan merasa jauh lebih baik dengan diri Anda.

Fokuskan pada damai dan cinta



Waktu dan energi Anda semua harus penuh kasih dan damai. Selalu merasa baik dan memelihara sekitar Anda. Tidak peduli dimana Anda berada atau dengan siapa Anda berada. Harus selalu ada cinta dalam tindakan Anda. Ya saya tahu, kedengarannya memang sulit, tetapi cobalah selama sehari, kemudian besok, dan teruskan sampai menjadi kebiasaan baik.

Merenungkan/meditasi



Luangkan waktu untuk menghirup energi yang baik dan hembuskan semua energi yang buruk dengan bermeditasi. Tarik napas dalam-dalam dan pikirkan yang baik tentang seseorang atau situasi dan hembuskanlah semua tentang kebencian yang telah Anda simpan di dalam hati. Sejauh ini meditasi adalah obat alami terbaik untuk segala macam persoalan. Meditasi itu gratis dan Anda bisa melakukannya dimana saja.

Selalu memaafkan



Saya tahu beberapa dari Anda mengatakan “tidak mungkin” memaafkan orang lain jika sudah berbuat salah kepada kita. Saya tahu Anda mungkin masih merasa sakit atau menyimpan dendam, tapi disini saya ingin mengajak Anda menciptakan karma yang baik untuk hidup Anda di masa mendatang. Luangkan waktu untuk meminta maaf apa yang Anda lakukan jika punya salah dengan orang lain. Jika ada orang lain yang sudah menyakiti Anda, maka maafkanlah. Jangan menjadi alasan untuk menyimpan dendam.

Beri pertolongan



Jika hari ini kita ditolong orang saat sedang kesusahan, itu adalah buah karma baik kita di masa lalu. Jangan ragu untuk memberi pertolongan kepada mereka yang membutuhkan. Jika tidak punya waktu dan tenaga, maka sisihkan sedikit penghasilan kita untuk mereka yang membutuhkan bantuan. Tidak ada ceritanya kita akan kekurangan dengan memberi, yang ada alam semesta akan membalas kebaikan Anda beberapa kali lipat di waktu yang tidak Anda sadari nanti.

Bertanggung jawab



Cara lainnya untuk menarik karma baik dalam kehidupan adalah bertanggung jawab atas segala sesuatu yang pernah Anda lakukan, baik maupun buruk. Tidak ada yang menyukai hal-hal buruk, namun hal yang benar jika Anda berani mengakuinya. Tidak semua orang berani mengambil tanggung jawab atas tindakan mereka.

Sabar



Sabar sama artinya dengan toleransi, mengakui bahwa tidak semua hal berjalan sesuai dengan keinginan Anda. Ada saatnya Anda benar-benar menginginkan sesuatu, namun harus menunggu dalam jangka waktu tertentu untuk mencapainya.


Banyak dari kita menghabiskan terlalu banyak waktu mengeluhkan semua hal buruk yang terjadi pada kita, tetapi kita tidak menyadari bahwa kita sendirilah yang sebenarnya menciptakannya. Saya tahu itu kenyataan yang sulit untuk diterima, tetapi memang begitulah kenyataannya. Salam bahagia.



Artikel Terkait:


Karma Baikmu Tergantung Pilihan Dan Tindakanmu Karma Baikmu Tergantung Pilihan Dan Tindakanmu Reviewed by wawawahyu on March 01, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.