Khasiat Luar Biasa Tanaman Lidah Mertua Yang Tak Banyak Diketahui




Nama tanaman lidah mertua mungkin tak sepopuler lidah buaya. Namun tanaman ini ternyata memiliki segudang manfaat yang tak kalah hebat dengan lidah buaya. Tanaman lidah mertua memiliki tampilan yang cantik sehingga sangat cocok digunakan untuk mempermanis tampilan dalam rumah. Tanaman yang dikenal dengan nama latin sansevieria ini merupakan tumbuhan tropis dari Afrika Barat yang mudah sekali tumbuh. Ternyata, di balik tampilannya yang rupawan, lidah mertua memiliki banyak manfaat yang belum diketahui orang banyak.

Selain sebagai tanaman hias untuk mempercantik pagar dan taman, Lidah Mertua juga memiliki sejumlah khasiat dalam dunia kesehatan dan pengobatan herbal tradisional. Tanaman yang dapat tumbuh setinggi 75 cm ini diketahui berperan penting untuk mengurangi polusi udara. Sanseviera memiliki keistimewaan menyerap bahan beracun. Mulai dari menyerap polusi dan radiasi hingga merawat rambut agar selalu berkilau, lidah mertua menyimpan sejuta manfaat yang bisa meningkatkan kualitas hidup.

Berikut khasiat luar biasa tanaman lidah mertua yang telah dirangkum wawasaputro.blogspot.com dari berbagai sumber:

Menyerap Polusi Udara




tanaman lidah mertua Pada umumnya, tanaman hijau memang bisa dimanfaatkan untuk menyerap CO2 yang ada di dalam ruangan. CO2 tersebut dibutuhkan oleh tanaman untuk berfotosintesis dan kemudian tanaman tersebut akan memproduksi oksigen. Itulah alasan mengapa kamu selalu merasakan kesejukkan ketika berteduh di bawah pohon di siang hari yang terik.

Menetralkan Aroma yang tak Sedap pada Kulkas

Selain memiliki kemampuan menyarap CO2, tanaman ini juga mampu menyerap bau tak sedap sebuah ruangan, terlebih bau kulkas yang lembap. Kamu bisa mengatasi masalah bau dengan cara menaruh potongan lidah mertua di pintu kulkas dan sela-sela ruangan. Tidak hanya di rumah, lidah mertua juga kerap digunakan untuk mereduksi senyawa beracun berbahaya di sebuah ruangan khusus produksi agar tak terhidup oleh para pekerja.


Untuk Aroma Terapi




Sansiviera juga dapat kita manfaatkan sebagai media aroma terapi . Saat menjelang sore hari, biasanya bunga bunga lidah mertua akan bermekaran yang mengeluarkan bau khas yang menenangkan. Pesona dan aromanya bagi beberapa orang sering dipakai sebagai media aroma terapi yang dinilai ampuh untuk mengurangi dan meredakan stress.

Mengurangi Radiasi

Ada baiknya kamu menyimpan lidah mertua di samping barang elektronik tersebut, lho. Pasalnya, lidah mertua mampu mereduksi gelombang radiasi yang dihasilkan oleh barang-barang elektronik tersebut sehingga mata pun akan terjaga kesehatannya.


Mengurangi Sick Building Syndrome



Tanaman lidah mertua memiliki peran untuk mengurangi gejala sick building syndrome, yaitu situasi dimana penghuni suatu gedung (bangunan) mengeluhkan masalah kesehatan yang berkaitan dengan periode yang dihabiskan selama tinggal di bangunan tersebut, dimana ruangan yang dihuni oleh orang orang memiliki kandungan karbon dioksida (CO2), nikotin, dan efek penggunaan AC yang tinggi. Nah, dengan menaruh tanaman lidah mertua di dalam ruangan itu, maka akan terserap zat zat yang tidak berguna tadi.



Memiliki Kemampuan Menyerap Polutan yang Tinggi

Tidak semua jenis tumbuhan diberkati dengan kemampuan untuk menyerap polutan serta memiliki titik resisten yang tinggi. Lidah mertua adalah salah satu jenis tanaman yang memiliki kemampuan tersebut. Bahkan, tanaman hias ini mampu menangani sampai 107 jenis polutan, lebih spesifik lagi terhadap asap rokok. Jika di rumah ada perokok aktif, kamu disarankan untuk menanam tanaman yang satu ini.

Menyembuhkan Sakit Kepala

Orang-orang zaman dahulu sangat bergantung pada tanaman untuk mengobati penyakit-penyakit yang menimpa mereka. Ketika sakit kepala, mereka biasanya menggunakan tanaman hias lidah mertua untuk mengatasinya. Untuk memanfaatkannya, cukup bakar saja daun dari tanaman ini.

Membuat Rambut Berkilau




Tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk kesehatan saja, tanaman lidah mertua juga sangat baik untuk kecantikan, lho. Buktinya, tanaman ini bisa digunakan untuk merawat rambut. Dengan mengolah akarnya menjadi sari dan mengusapkannya pada rambut, hal ini akan menyegarkan area kepala sehingga rambut akan tetap sehat dan berkilau.


Penghias Taman dan Pagar

Manfaat yang paling umum diperoleh dari budidaya tanaman lidah mertua adalah dipakai sebagai pagar rumah dan mempercantik taman. Karakteristik daun yang keras dan berujung lancip dapat membuat pagar rumah lebih kokok dan indah. Tak heran ini akan menambah keunikan pemandangan rumah anda.

Kaya akan Produksi Oksigen (O2)

Seperti yang dipaparkan di atas, tanaman Sansiviera mampu menghasilkan oksigen tinggi. Kandungan klorofilnya yang melimpah akan membantunya mempercepat melakukan proses fotosintesis. Dengan ini akan menjadikan tingkat oksigen yang dikeluarkan oleh tanaman lidah mertua makin tinggi. Jika anda tinggal di kawasan yang tingkat polusi udaranya cukup tinggi, maka tanaman ini sangat dianjurkan.

Antikanker pada Sel Kanker




Sebuah kajian menunjukkan bahwa ekstrak methanolic dari daun Sansevieria roxburgiana sebanyak 125 μg/ml tidak menjadi toksin bagi sel-sel normal, sebaliknya menjadi antikanker aktif dan antiproliferative terhadap sel-sel kanker. Namun kajian ini masih perlu dibuktikan lebih jelas lagi.



Untuk Mengatasi Influenza dan Batuk




Cuci bersih 25 lembar daun lidah mertua, lalu rebus ke dalam tiga gelas air hingga tersisa satu gelas. Ketika dingin saring rebusan tersebut lalu minum dua kali sehari masing-masing setengah gelas.

Tanaman ini bisa ditanam dalam berbagai jenis campuran tanah asalkan air tidak tergenang dan mudah mengalir keluar. Dari segi perawatannya memang cukup mudah. Tanaman lidah mertua cocok dalam berbagai kondisi baik di tempat teduh atau cahaya langsung matahari. Salam sehat.

Khasiat Luar Biasa Tanaman Lidah Mertua Yang Tak Banyak Diketahui Khasiat Luar Biasa Tanaman Lidah Mertua Yang  Tak Banyak Diketahui Reviewed by wawawahyu on March 07, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.