Kelelahan Saat Hamil, Ini 7 Tips Untuk Mengatasinya





Menjalani masa kehamilan dapat melelahkan bagi kaum wanita. Dengan semua perubahan fisik yang semakin berat, kelelahan konstan pada fisik adalah salah satu masalah utama yang mungkin Anda hadapi selama masa kehamilan. Dibandingkan awal kehamilan, pada trimester kedua, keluhan lelah biasanya sudah jauh berkurang, karena tubuh mulai beradaptasi dengan pengaruh hormon kehamilan. Namun di kehamilan trimester ketiga, tepatnya beberapa bulan menjelang persalinan, jangan heran bila kamu akan kembali merasakannya. Pada masa tersebut, rasa lelah mungkin jauh lebih berat karena ukuran dan berat bayi dalam kandungan juga lebih besar. 

Wawasaputro.blogspot.com merangkum beberapa tips mudah yang akan membantu Anda mengatasi kelelahan selama kehamilan.

1. Hindari stres fisik konstan



Anda tidak harus mengerjakan semua pekerjaan rumah selama menjalani masa kehamilan. Anda tidak bisa melakukan semuanya sendiri. Kehamilan akan memperlambat Anda, terimalah kenyataan dan kerjakan pekerjaan Anda sesuai kapasitas Anda. Hindari terlalu banyak stres fisik konstan. Kurangi jam kerja yang panjang. Energi tubuh Anda akan mudah terkuras karena bayi di dalam kandungan, jadi hindari semua jenis stres fisik.


2. Sering-sering istirahat



Duduklah selama 5 menit setiap kali Anda merasa lelah. Beristirahatlah untuk beberapa waktu ketika Anda mulai merasa kelelahan. Pastikan bahwa Anda mendapatkan beberapa waktu untuk tidur siang meski sebentar. Ini akan membantu Anda memerangi kelelahan secara efektif.

3. Jaga postur tubuh yang tepat



Ini sangat penting bahwa Anda harus menjaga postur tubuh dalam posisi tepat saat duduk, berdiri dan tidur. Ini akan menghemat tubuh Anda dari rasa lelah yang tidak perlu dan nyeri yang ditimbulkan dari postur yang salah.


4. Bergabung dengan kelas meditasi



Meditasi akan menjadi cara yang baik untuk menyingkirkan kelelahan fisik maupun mental. Cara ini juga akan memberi manfaat untuk Anda dan bayi. Jadi pergilah dan mendaftarkan diri ikut kelas meditasi yang baik.


5. Jaga kaki Anda



Kaki cenderung membengkak selama kehamilan, dan akan menambah kelelahan lebih jauh. Anda perlu berhati-hati dengan kaki Anda. Setiap kali Anda duduk di kursi atau sofa, cobalah untuk menyelonjorkan kaki Anda dengan nyaman di kursi rendah. Cara ini akan memastikan untuk mengurangi kelelahan.


6. Meminta bantuan

Anda tidak bisa berharap melakukan segala sesuatu sendirian. Jangan ragu untuk meminta bantuan. Segera mencari dukungan. Mintalah pertolongan sebanyak yang Anda bisa. Ini akan menyelamatkan Anda dari perasaan lelah sepanjang waktu.

7. Rencanakan hari Anda

Kehamilan dapat membawa semacam disorientasi yang selanjutnya dapat meningkatkan stres dan aktivitas fisik. Cara untuk mengatasi ini adalah duduk selama 15-20 menit setiap malam dan merencanakan hari depan. Tulis semua tugas-tugas yang harus diselesaikan. Hal ini membantu Anda melukiskan gambaran mental tentang semua pekerjaan yang perlu dilakukan. Perencanaan matang akan memastikan bahwa Anda menyelamatkan diri dari upaya yang tidak perlu dan berlebihan, sehingga semua pekerjaan dilakukan secara efektif, cepat, dan produktif.

Melahirkan anak ke dunia ini bukanlah tugas yang mudah, dan membutuhkan seluruh energi Anda. Jadi jagalah kondisi kesehatan sebanyak yang Anda bisa untuk memberi makan bayi Anda. Ikuti tips ini dan kelelahan saat hamil segera berangsur sirna. Semoga bermanfaat, salam sehat.


BACA JUGA: Inilah Berbagai Manfaat Minyak Wijen untuk Menjaga Kesehatan

Kelelahan Saat Hamil, Ini 7 Tips Untuk Mengatasinya Kelelahan Saat Hamil, Ini 7 Tips Untuk Mengatasinya Reviewed by wawawahyu on February 20, 2020 Rating: 5

1 comment:

  1. According to Stanford Medical, It is in fact the ONLY reason women in this country get to live 10 years longer and weigh 42 pounds lighter than us.

    (And really, it really has NOTHING to do with genetics or some hard exercise and absolutely EVERYTHING to do with "how" they eat.)

    BTW, What I said is "HOW", not "WHAT"...

    Click this link to determine if this short quiz can help you release your real weight loss potential

    ReplyDelete

Powered by Blogger.